Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

336x280

Download TP ATP Modul Ajar Alquran Hadist MI MTs MA Lengkap

Sipbelajar.com - Bapak/Ibu tenaga pendidik yang mengajar pada jenjang MI MTs MA kami hadir kembali untuk anda berbagi administrasi atau pun perangkat pembelajaran berkaitan dengan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

Download TP ATP Modul Ajar Alquran Hadist MI MTs MA Lengkap, TP ATP Modul Ajar Alquran Hadist MI MTs MA
Perangkat pembelajaran yang akan kami bagikan yaitu Download TP ATP Modul Ajar Alquran Hadist MI MTs MA Lengkap

Bapak/ibu tenaga pendidik yang belum familiar dengan Kurikulum Merdeka mungkin masih belum mengenal ATP. Lantas apa itu Alur Tujuan Pembelajaran atau ATP ? Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) atau yang sering dikenal sebagai silabus adalah sebuah panduan penting yang membantu guru dan siswa dalam mengelola pembelajaran dengan tujuan yang jelas.

Sebagai salah satu perangkat pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran atau ATP dipakai dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yang dulunya disebut Silabus dalam Kurikulum 2013.

Silabus 

Silabus adalah rencana pembelajaran yang merinci tujuan, materi, metode pengajaran, penilaian, serta jadwal pelaksanaan pembelajaran dalam suatu mata pelajaran atau program studi. Dokumen ini dirancang oleh pendidik untuk membantu merencanakan dan mengorganisir proses belajar-mengajar secara terstruktur. Silabus berfungsi sebagai panduan bagi pendidik dan peserta didik dalam mengikuti kurikulum yang telah ditetapkan.

Komponen utama dalam silabus meliputi :

Tujuan Pembelajaran :
Menjelaskan apa yang diharapkan peserta didik capai setelah menyelesaikan pembelajaran. Tujuan bisa bersifat kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), dan psikomotorik (keterampilan).
Materi Pembelajaran: Menyajikan daftar topik atau konsep yang akan diajarkan dalam kurun waktu tertentu.

Metode Pengajaran :
Menguraikan cara-cara yang akan digunakan pendidik untuk mengajarkan materi kepada peserta didik. Metode bisa berupa ceramah, diskusi, penugasan, eksperimen, dan lain sebagainya.

Penilaian :
Mendefinisikan jenis-jenis penilaian yang akan digunakan untuk mengukur pencapaian tujuan pembelajaran. Penilaian bisa berupa ujian, tugas individu/grup, presentasi, atau proyek.

Sumber Belajar :
Merinci buku teks, bahan bacaan, atau materi pendukung lain yang akan digunakan dalam pembelajaran.

ATP (Alur Tujuan Pembelajaran)

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah suatu proses sistematis yang digunakan dalam pendidikan untuk mengukur sejauh mana peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. ATP membantu pendidik dan lembaga pendidikan dalam mengevaluasi pencapaian hasil belajar peserta didik dan memberikan informasi yang penting untuk perbaikan dan pengembangan proses pembelajaran.

Dalam proses ATP, pendidik melakukan penilaian terhadap pencapaian peserta didik terhadap tujuan pembelajaran dengan membandingkannya dengan kriteria atau indikator yang telah ditetapkan. Hasil evaluasi ini memberikan gambaran tentang sejauh mana peserta didik telah mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

ATP memungkinkan pendidik untuk mengevaluasi sejauh mana tujuan pembelajaran telah tercapai. Hasil evaluasi ini membantu dalam penyesuaian metode pengajaran dan membantu peserta didik yang perlu bantuan tambahan.

Perbedaan Silabus dan ATP jika di dalam Kurikulum 2013 silabus disusun berdasarkan kelas sedangkan untuk ATP di Kurikulum Merdeka ini disusun berdasarkan Fase.

Fase dalam Kurikulum Merdeka sesuai tahap perkembangan peserta didik yang tergolong dalam fase usia yaitu : 
  1. Fase Fondasi Prasekolah Taman Kanak- Kanak (TK)
  2. Fase A Kelas 1 dan 2 Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI)
  3. Fase B Kelas 3 dan 4 Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI)
  4. Fase C Kelas 5 dan 6 Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI)
  5. Fase D Kelas 7 – 9 SMP atau MTs
  6. Fase E Kelas 10 SMA, SMK atau MA
  7. Fase F Kelas 11 – 12 SMA, SMK atau MA

Download TP ATP Modul Ajar Alquran Hadist MI MTs MA

Untuk Bapak/ibu tenaga pendidik ingin melengkapi perangkat ajar Kurikulum Merdeka khususnya Silabus atau TP ATP Modul Ajar Alquran Hadist MI MTs MA telah kami sediakan lengkap pada link dibawah ini :

Download Disini

Untuk TP ATP Modul Ajar Mata Pelajaran tingkat MI MTs MA lainnya, bisa Anda Download melalui tautan berikut ini.
Dapatkan juga untuk Silabus atau ATP SD/MI dibawah ini :
  1. Silabus atau ATP Kelas 1 SD/MI
  2. Silabus atau ATP Kelas 2 SD/MI
  3. Silabus atau ATP Kelas 3 SD/MI
  4. Silabus atau ATP Kelas 4 SD/MI
  5. Silabus atau ATP Kelas 5 SD/MI
  6. Silabus atau ATP Kelas 6 SD/MI

Demikian salah satu administrasi ajar berupa TP ATP Modul Ajar Alquran Hadist MI MTs MA yang bisa kami bagikan. Semoga dengan adanya TP ATP Modul Ajar Alquran Hadist MI MTs MA yang kami bagikan bermanfaat untuk rekan – rekan semua.