Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

336x280

Download Program Semester (Promes) Kelas 4 SD/MI Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2023/2024

Sipbelajar.com - Download Program Semester (Promes) Kelas 4 SD/MI Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2023/2024

Bapak/Ibu tenaga pendidik yang mengajar pada jenjang SD/MI kali ini kami akan membagikan untuk anda Program Semester (Promes) Kelas 4 SD/MI Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2023/2024. 
Download Program Semester (Promes) Kelas 4 SD/MI Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2023/2024, Promes Kelas 4 SD/MI, Prosem Kelas 4 SD/MI

Apa itu Program Semester atau Promes ?

Perlu untuk diketahui PROMES atau singkatan dari Program Semester  adalah rencana pembelajaran untuk setiap semester yang memuat mata pelajaran dan kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik. Program ini dirancang dengan hati-hati untuk mengakomodasi kebutuhan belajar dan perkembangan peserta didik. 

Salah satu ciri khas Kurikulum Merdeka adalah pendekatan yang lebih tematis dan interdisipliner. Mata pelajaran diintegrasikan dalam tema-tema menarik yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa.

PROMES atau Program Semester merupakan bentuk lanjutan dari prota yang menggambarkan secara lebih mendetail mengenai standar pembelajaran dan capaian apa yang direncanakan akan diraih oleh para peserta didik. Prosem ini dibuat dengan alokasi waktu per 1 (satu) semester atau sekitar 5 sampai dengan 6 bulan.

Penyusunan Promes juga perlu untuk memperhitungkan jumlah tanggal merah dalam satu semester sesuai dengan Kalender Pendidikan. Sehingga dengan demikian Anda akan dapat memetakan perencanaan aktifitas belajar selama satu semester dengan lebih efektif dan tepat sasaran.

Dalam Program Semester Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka, berbagai kompetensi dasar diajarkan melalui pendekatan yang inovatif dan menyenangkan. Siswa akan diajak untuk aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran melalui berbagai kegiatan, proyek, dan diskusi. Hal ini bertujuan untuk membangun keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan kolaborasi antar siswa.

Untuk Promes Kelas 4 SD/MI yang digunakan di tahun 2023/2024 merupakan program semester yang berisi daftar tema dalam pembelajaran satu semester. Dalam penyusunannya promes dikembangkan menjadi sub tema untuk keperluan kegiatan belajar mengajar di kelas atau pembelajaran praktek lapangan.

Prosem (Program Semester) merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang wajib dimiliki oleh guru. Dengan adanya perangkat pembelajaran seperti Promes maka Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dapat berjalan sesuai dengan urutan materi.

Fungsi Promes (Program Semester)

  • Untuk mempermudah tugas mengajar dengan cara memberikan arahan kegiatan selama satu semester.
  • Untuk memberikan pengingat tentang tujuan dan target capaian pembelajaran selama satu semester sehingga guru tidak kehilangan arah saat mengajar.
  • Digunakan menjadi tolok ukur dari efektivitas proses pembelajaran, berkaitan dengan efektivitas waktu, tenaga, biaya, dan lain sebagainya.

Langkah Penyusunan Promes (Program Semester)

Langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk menyusun Prosem (Program Semester) adalah:
  • Pertama, memasukkan Kompetensi Dasar (KD), topik bahasan, dan sub topik bahasan ke dalam format Promes.
  • Kemudian, Anda dapat meninjau ulang banyaknya jam yang tersedia pada kolom pekan dan banyaknya pembelajaran di kelas tiap minggu untuk masing-masing mata pelajaran.
  • Anda dapat pula menambahkan catatan di setiap bagian yang memang membutuhkan keterangan lanjutan.
Perlu diingat ketika Anda menyusun Prosem untuk tidak lupa mencantumkan identitas berupa satuan pendidikan, jenjang pendidikan, kelas, nama mata pelajaran, nama guru, dan identitas lainnya yang sekiranya penting untuk dimasukan.

Download Promes Kelas 4 SD/MI Semester 1 dan Semester 2 Kurikulum Merdeka

Untuk membantu memudahkan Bapak/Guru pendidik dalam proses pembelajaran, kami akan berbagi referensi perangkat ajar berupa Prosem Tematik Terpadu Kelas 4 SD/MI Semester 1 (ganjil) dan Semester 4 (genap) Kurikulum Merdeka.

Bagi Bapak/Guru pendidik yang ingin mendownload Promes Kelas 4 SD/MI Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka berikut link download :
Dengan Program Semester Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka, diharapkan siswa akan semakin termotivasi dalam belajar dan mampu mengembangkan potensi diri secara menyeluruh. Siswa akan menjadi individu yang berdaya saing, kreatif, berakhlak mulia, dan siap menghadapi tantangan masa depan. 

Semangat Merdeka Belajar terus dijunjung tinggi untuk menciptakan generasi bangsa yang unggul dan berdaya saing global.

Demikian informasi Program Semester Kelas 4 SD/MI Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2023/2024 yang bisa kami bagikan semoga bermanfaat.