Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

336x280

Contoh Bukti Dukung Program Wali Kelas Untuk Pengelolaan Kinerja di PMM

Sipbelajar.com - Contoh Bukti Dukung Program Wali Kelas Untuk Pengelolaan Kinerja di PMM.
Contoh Bukti Dukung Program Wali Kelas Untuk Pengelolaan Kinerja di PMM, Contoh Laporan Program Wali Kelas, Program Wali Kelas
Dimulainya awal tahun 2024, para guru diseluruh Indonesia mengalami kesibukan, terutama mereka yang merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN), yang sedang sibuk dengan urusan Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Kesibukan ini tidak hanya karena para guru harus menyusun rencana pada menu pengelolaan kinerja yang tersedia di Platform Merdeka Mengajar, tetapi juga karena mereka harus menyiapkan bukti dukung yang berupa laporan kegiatan, khususnya terkait perencanaan kinerja "hasil kerja tambahan".

Setiap guru di sekolah pasti memiliki tugas tambahan yang diberikan oleh kepala sekolah, entah itu sebagai guru piket, pengelola perpustakaan, atau sebagai wali kelas.

Pada kesempatan kali ini, admin akan membahas mengenai bukti dukung program wali kelas yang harus disiapkan para guru pada pengelolaan kinerja di Platform Merdeka Mengajar.

Peran Wali Kelas

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai bukti dukung program wali kelas, mari kita bahas terlebih dahulu bagaimana peran seorang wali kelas itu sendiri. Seorang wali kelas memiliki tanggung jawab tambahan untuk membimbing suatu kelas di sebuah sekolah.

Selain memahamkan siswa tentang tata kelola kelas, tugas-tugas wali kelas juga termasuk menyelesaikan masalah jika terjadi suatu hal di kelas.

Program Kerja Wali kelas disusun sebagai pedoman atau pegangan wali kelas untuk mengelola kelas secara baik dan terarah guna meningkatkan dan menunjang keberhasilan siswa dalam menempuh pendidikan di Sekolah. Wali kelas sebagai orang tua siswa di Sekolah yang diberi tugas untuk mengawasi, membimbing, memotivasi dan mengarahkan dan menyelesaikan masalah siswa agar selalu memiliki tanggung jawab untuk belajar. 

Dengan adanya program kerja ini diharapkan kelas menjadi tempat yang nyaman, dan kondusif untuk berlangsungnya proses pembelajaran.

Berikut adalah sistematika penulisan yang harus ada dalam format bukti dukung program wali kelas pada pengelolaan kinerja di Platform Merdeka Mengajar :

Bab I. Pendahuluan
  • Latar belakang
  • Dasar hukum
  • Maksud dan tujuan
  • Sistematika penulisan
Bab II. Pengorganisasian Kelas
  • Susunan organisasi
  • Struktur dan tugas pokok
  • Rincian tugas
Bab III. Program Wali Kelas
  • Program wali kelas
  • Kegiatan pembelajaran kelas
  • Kegiatan kelas berdasarkan kalender
Bab IV. Penutup

Setelah keempat bagian bukti laporan tersebut tersusun, maka terakhir laporan wali kelas akan berisi lampiran.

Download Contoh Bukti Dukung Program Wali Kelas di PMM

Untuk membantu bapak/ibu guru dalam menyusun Contoh Bukti Dukung Program Wali Kelas Untuk Pengelolaan Kinerja di PMM, disini akan kami bagikan file contoh program wali kelas yang bisa anda download pada link dibawah ini.


Demikianlah contoh lengkap bukti dukung program wali kelas pada pengelolaan kinerja di Platform Merdeka Mengajar, semoga bisa membantu bapak/ibu guru sebagai referensi.