Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

336x280

Cara Akses Rapor Pendidikan 2.0 PAUD, SD, SMP dan SMA 2023

Cara Akses Rapor Pendidikan 2.0 PAUD, SD, SMP dan SMA 2023. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) baru merilis platform Rapor Pendidikan 2.0. Perilisan secara resmi dilakukan oleh Menteri Nadiem Makarim pada Rabu (10/5/2023).
Cara Akses Rapor Pendidikan 2.0 PAUD, SD, SMP dan SMA 2023, Rapor Pendidikan 2.0
Apa itu Rapor Pendidikan ?

Rapor pendidikan adalah laporan tertulis mengenai perkembangan belajar dan prestasi siswa selama satu periode pembelajaran. Rapor ini biasanya diberikan kepada siswa di akhir semester atau tahun ajaran sebagai penilaian atas kemampuan belajarnya.

Isi dari rapor pendidikan meliputi penilaian terhadap berbagai aspek pembelajaran, seperti nilai mata pelajaran, kehadiran siswa, keterampilan sosial, keterampilan berkomunikasi, dan sebagainya. Penilaian tersebut dapat dilakukan oleh guru, dewan guru, atau pihak sekolah yang berwenang.

Umumnya, rapor pendidikan dibuat secara tertulis dan disampaikan secara pribadi kepada siswa atau orang tua/wali siswa. Rapor pendidikan juga dapat disampaikan melalui sistem informasi akademik online atau aplikasi mobile yang dapat diakses oleh siswa atau orang tua/wali siswa.

Pentingnya rapor pendidikan adalah sebagai sarana untuk mengevaluasi kemampuan belajar siswa dan memberikan masukan bagi guru, orang tua/wali siswa, serta siswa itu sendiri untuk meningkatkan prestasi belajar di masa depan. Oleh karena itu, rapor pendidikan perlu disusun secara cermat dan akurat dengan memperhatikan aspek-aspek penting dalam proses belajar mengajar.

Selain itu, rapor pendidikan juga dapat digunakan sebagai referensi untuk mengevaluasi kebijakan pembelajaran di sekolah, baik dari sisi kurikulum maupun metode pengajaran yang digunakan. Dalam hal ini, rapor pendidikan dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan mutu pendidikan secara keseluruhan.

Rapor pendidikan 2.0 adalah konsep rapor pendidikan yang ditingkatkan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Konsep ini bertujuan untuk memberikan informasi yang lebih lengkap dan akurat mengenai perkembangan belajar siswa kepada guru, orang tua/wali siswa, serta siswa itu sendiri.

Tujuan Platform Rapor Pendidikan

Platform Rapor Pendidikan dapat dijadikan sebagai:
  1. Referensi utama sebagai dasar analisis, perencanaan, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pendidikan
  2. Satu-satunya platform untuk melihat hasil Asesmen Nasional
  3. Sumber data yang objektif dan andal di mana laporan disajikan secara otomatis dan terintegrasi
  4. Instrumen pengukuran untuk evaluasi sistem pendidikan secara keseluruhan baik untuk evaluasi internal maupun eksternal
  5. Alat ukur yang berorientasi pada mutu dan pemerataan hasil belajar (output)
  6. Platform penyajian data yang terpusat. Satuan pendidikan tidak perlu menggunakan beragam aplikasi sehingga diharapkan dapat meringankan beban administrasi
Dengan melihat manfaat dari platform Rapor Pendidikan di atas, penggunaan platform Rapor Pendidikan sangat disarankan bagi satuan pendidikan atau dinas karena dapat digunakan sebagai bahan acuan dasar untuk melaksanakan Perencanaan Berbasis Data (PBD).

Fitur-Fitur Rapor Pendidikan 2.0

Beberapa fitur yang dapat dimiliki oleh Rapor Pendidikan 2.0 antara lain:
  1. Integrasi data. Rapor pendidikan 2.0 dapat mengintegrasikan data dari berbagai sumber, seperti nilai ulangan, kehadiran siswa, tugas, dan sebagainya, sehingga dapat memberikan gambaran yang lebih lengkap dan akurat mengenai perkembangan belajar siswa.
  2. Penilaian holistik. Rapor pendidikan 2.0 dapat memberikan penilaian yang lebih holistik, dengan mempertimbangkan aspek-aspek penting lainnya selain nilai akademik, seperti keterampilan sosial, emosional, dan sebagainya.
  3. Pembaruan real-time. Rapor pendidikan 2.0 dapat diperbarui secara real-time, sehingga siswa, orang tua/wali siswa, dan guru dapat memantau perkembangan belajar siswa secara langsung.
  4. Aksesibilitas. Rapor pendidikan 2.0 dapat diakses melalui platform online, sehingga siswa, orang tua/wali siswa, dan guru dapat mengaksesnya kapan saja dan di mana saja.
  5. Analisis data. Rapor pendidikan 2.0 dapat dilengkapi dengan fitur analisis data yang dapat memberikan gambaran yang lebih lengkap dan akurat mengenai perkembangan belajar siswa.
Dengan memanfaatkan teknologi informasi, rapor pendidikan 2.0 dapat memberikan manfaat yang lebih besar dalam meningkatkan mutu pendidikan. Selain memberikan informasi yang lebih lengkap dan akurat mengenai perkembangan belajar siswa, rapor pendidikan 2.0 juga dapat membantu guru dalam mengevaluasi dan memperbaiki proses pembelajaran di kelas, serta membantu orang tua/wali siswa dalam memantau perkembangan belajar anak mereka secara langsung.

Cara Akses Rapor Pendidikan PAUD 2023
  1. Pastikan komputer atau handphone untuk mengakses Rapor Pendidikan terhubung dengan koneksi internet
  2. Buka laman raporpendidikan.kemdikbud.go.id
  3. Klik 'Lihat Hasil Satuan Pendidikan/Dinas Anda' untuk masuk ke Rapor Pendidikan menggunakan akun belajar.i
  4. Pilih Akun belajar.id dengan alamat email berakhiran @admin.paud.belajar.id, @guru.paud.belajar.id
  5. Klik 'Berikutnya'
  6. Masukkan kata sandi pengguna
  7. Klik 'Berikutnya'
  8. Pengguna dapat mengakses Rapor Pendidikan sesuai kebutuhan seperti mengunduh hasil rapor dan lainnya
Cara Akses Rapor Pendidikan SD/SMP/SMA 2023
  1. Pastikan komputer atau handphone untuk mengakses Rapor Pendidikan terhubung dengan koneksi internet
  2. Buka laman raporpendidikan.kemdikbud.go.id
  3. Klik Lihat Hasil Satuan Pendidikan/Dinas untuk login/masuk platform Rapor Pendidikan dengan menggunakan Akun belajar.id
  4. Pilih Akun belajar.id dengan alamat email berakhiran @dinas.belajar.id, @admin.jenjang.belajar.id atau @guru.jenjang.belajar.id.
  5. Klik Berikutnya
  6. Masukkan kata sandi Anda
  7. Klik Berikutnya
  8. Pengguna dapat mengakses Rapor Pendidikan sesuai kebutuhan seperti mengunduh hasil rapor dan lainnya.
Demikian sedikit informasi bagaimana Cara Akses Rapor Pendidikan 2.0 PAUD, SD, SMP dan SMA 2023, semoga bermanfaat.