Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

336x280

Terungkap ! Info GTK Terkini 2024: Trik Login dan Cek Data Penting Guru dan Tenaga Kependidikan

Sipbelajar.com -  Info GTK Terkini 2024: Trik Login dan Cek Data Penting Guru dan Tenaga Kependidikan
Terungkap ! Info GTK Terkini 2024: Trik Login dan Cek Data Penting Guru dan Tenaga Kependidikan, Info GTK 2024,  Cek GTK 2024, GTK 2024
Info GTK 2024 adalah platform daring yang resmi dikelola oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI.

Info GTK adalah informasi data guru untuk penerbitan SKTP, yang bersumber dari dapodik. Pada info GTK disajikan data dapodik yang telah tervalidasi statusnya sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Penjelasaan tersebut selaras dengan penjelasan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Nunuk Suryani yang mengatakan bahwa Info GTK menyediakan informasi penting bagi para guru dan tenaga kependidikan serta membantu mereka dalam memeriksa hasil verifikasi data yang telah dikirim melalui aplikasi Dapodik.

Cara akses dan login Info GTK Terkini 2024

Dari mulai awal tahun 2024 cara akses dan login ke Info GTK 2024 mengalami perubahan diakibat oleh masih berlangsungnya perbaikan sistem. Untuk mengakses Info GTK, guru dan tenaga kependidikan sekarang perlu menggunakan akun PTK masing-masing untuk masuk, tidak lagi melalui SIM PKB seperti sebelumnya. 

Sementara bagi guru dan tenaga kependidikan yang tidak menyimpan akun dan kata sandi  PTK bisa menghubungi atau komunikasi dengan operator Dapodik.

Untuk mengakses Info GTK 2024, dapat dilakukan melalui laman resmi https://info.gtk.kemdikbud.go.id/ atau melalui SSO PTK Datadik Kemdikbud di https://sso.datadik.kemdikbud.go.id/.

Tips Cek Info GTK dan Data Sertifikasi 

Ada 2 langkah yang bisa dilakukan untuk cek info GTK dan data sertifikasi :
  • Melalui portal Info GTK :
    Kunjungi portal https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/ dan masuk dengan akun PTK yang terdaftar di Dapodik. Setelah masuk, periksalah dan verifikasi data Anda yang terentry didalamya. Jika semuanya benar, Anda dapat mencetak hasilnya. Jika terdapat kekeliruan atau kesalahan, silakan hubungi operator sekolah.

  • Melalui portal Individual GTK:
    Kunjungi portal https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/ dan masuk dengan akun PTK yang terdaftar di Dapodik. Pilih menu Biodata dan buka Info GTK untuk memeriksa dan memastikan data valid. Kemudian, klik "Cetak" untuk mencetak hasilnya.
Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam mengakses Info GTK 2024 ini yaitu :
  • Pastikan menggunakan Aplikasi browser Chrome atau Firefox dan baiknya menggunakan laptop.
  • Cari koneksi internet yang stabil saat anda mengakses Info GTK.
  • Usahakan selalu untuk mencetak informasi sertifikasi guna keperluan administrasi.
  • Pastikan kembali nama pengguna dan kata sandi Anda telah benar jika mengalami kesulitan saat login.
  • Jika masih saja terjadi masalah saat login, hubungi operator sekolah atau Operator Dinas dan bisa juga secara online dengan akses helpdesk Info GTK di https://gtk.data.kemdikbud.go.id/Home/Contact.
  • Agar proses pencairan sertifikasi saudara tidak terhambat, pastikan data yang terdaftar di Dapodik telah lengkap dan valid.

Jadwal Pencairan Sertifikasi 2024

Dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pendidikan Tahun 2024 di Jakarta, Jumat 15 Maret 2024, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim, "TPG Triwulan I Tahun 2024 akan mulai dicairkan pada pertengahan April 2024, dan diharapkan seluruhnya selesai sebelum Hari Raya Idul Fitri," ujar Nadiem 

Pemerintah terus berusaha meningkatkan kualitas pendidikan dengan memberikan penghargaan kepada guru yang telah memiliki sertifikat pendidik. Program sertifikasi guru bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dan kompetensi mereka dalam mengajar secara efektif.