Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

336x280

Cara Mudah Login Platform Merdeka Mengajar Lewat Laptop dan Android

Sipbelajar.com - Cara Mudah Login Platform Merdeka Mengajar Lewat Laptop dan Android
Cara Mudah Login Platform Merdeka Mengajar Lewat Laptop dan Android, Login Platform Merdeka Mengajar Lewat Laptop, Login Platform Merdeka Mengajar Lewat Android
Platform Merdeka Mengajar  atau PMM merupakan platform teknologi yang disediakan untuk menjadi teman penggerak bagi guru dalam mengajar, belajar dan berkarya.  

Pada kesempatan kali ini kami sipbelajar.com akan memberikan sebuah tutorial bagaimana cara mudah untuk login atau masuk ke dalam Platform Merdeka Mengajar dengan menggunakan laptop dan Android.

Bapak/Ibu yang belum tahu Cara Mudah Login Platform Merdeka Mengajar Lewat Laptop dan Android, simak penjelasan berikut ini.

Login Platform Merdeka Mengajar Lewat Laptop

Untuk login atau masuk ke dalam platform merdeka mengajar melalui laptop mudah sekali, bapak/ibu bisa menggunakan aplikasi Google Chrome atau Mozilla di laptop langsung buka web resmi merdeka mengajar yaitu guru.kemdikbud.go.id.

Setelah membuka link resmi tersebut, akan masuk ke tampilan utama platform Merdeka Mengajar dengan tampilan info "Selamat datang di PMM, Platform Merdeka Mengajar", kemudian silakan Klik Tombol biru sebelah kanan atas yaitu "Buka PMM".

Kemudian anda akan diarahkan kedalam homepage https://guru.kemdikbud.go.id/login dengan tampilan info "Masuk dan akses beragam referensi untuk membantu pendidik yang merdeka" dan "Gunakan email berakhiran belajar.id atau madrasah.kemenag.go.id". Silakan langsung Klik tombol Masuk warna biru.

Untuk bisa masuk ke Platform Merdeka Mengajar, gunakan akun Belajar.id. Jika sudah memiliki akun Belajar.id, langsung pilih akun Belajar.id yang akan digunakan, jika tidak ada email akun belajar.id yang sesuai, pilih tambahkan akun lain (mengisi e-mail dan password).

Selanjutnya, klik “Saya setuju”. Selamat, Bapak/ibu berhasil login ke PMM dengan menggunakan akun Belajar.id menggunakan laptop.

Login Platform Merdeka Mengajar Lewat Android

Cara untuk login ke akun Platform Merdeka Belajar lewat Android sebagai berikut :
  1. Unduh aplikasi Platform Merdeka Belajar dari Google Play Store.
  2. Setelah berhasil mengunduh, buka aplikasi tersebut di perangkat Anda.
  3. Pada halaman awal aplikasi, Anda akan melihat opsi untuk login. Klik pengaturan yang terletak di pojok kanan atas layar.
  4. Setelah itu, pilih opsi "Masuk" untuk mengakses akun Anda.
  5. Anda akan diminta untuk memasukkan informasi login. Terdapat dua jenis akun yang dapat digunakan untuk login:
    a. Akun belajar.id: Akun ini digunakan oleh guru dan kepala sekolah yang terdaftar di bawah
        naungan Kemendikbudristek dan terdaftar di Dapodik. Contoh format email untuk akun ini
        adalah namaakun@guru.smp.belajar.id.
    b. Akun Madrasah: Akun ini digunakan oleh guru madrasah yang berada di bawah naungan
        Kementerian Agama. Contoh format email untuk akun ini adalah
        namaakun@madrasah.kemenag.go.id.
  6. Masukkan alamat email dan kata sandi yang telah Anda daftarkan sebelumnya.
  7. Setelah berhasil login, Anda akan diarahkan ke halaman utama Platform Merdeka Belajar, di mana Anda dapat mengakses berbagai fitur dan sumber daya pembelajaran yang disediakan.
Perlu untuk diketahui, agar bisa masuk ke Platform Merdeka Mengajar, gunakan akun Belajar.id atau madrasah.kemenag.go.id.

Jika belum memiliki akun Belajar.id, pendidik dan tenaga kependidikan yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) bisa mendapatkan akun Belajar.id secara mandiri melalui tautan https://belajar.id/.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengakses dan memanfaatkan Platform Merdeka Belajar untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di kelas Anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.