Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

336x280

ASN Wajib Tahu ! Cara Verifikasi NIK dan Nomor KK di MyASN BKN

Sipbelajar.com - ASN Wajib Tahu ! Cara Verifikasi NIK dan Nomor KK di MyASN BKN

Badan Kepegawaian Negara mengeluarkan Surat Edaran Kepala BKN Nomor 2 Tahun 2024 tengang Verifikasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) Dengan Nomor Induk Pegawai (NIP) Aparatur Sipil Negara.

ASN diwajibkan untuk memverifikasi NIK di Aplikasi MyASN untuk pembuatan identitas digital yang akan dimanfaatkan untuk mengakses layanan Aparatur Negara dalam Portal Administasi Pemerintahan.

Setiap ASN baik CPNS dan PPPK dapat melakukan verifikasi NIK secara mandiri di aplikasi MyASN BKN. Proses Verifikasi NIK di MyASN juga sangat mudah dan cepat, dalam postingan ini akan  kami jelaskan langkah-langkah cara verifikasi NIK di aplikasi MyASN BKN.

Aplikasi MyASN BKN adalah aplikasi untuk setiap ASN baik PNS maupun P3K di mana pada aplikasi ini ASN dapat mengelola data pribadinya, jadi setiap ASN wajib tahu tentang aplikasi ini ada banyak fitur di aplikasi MyASN yang berguna untuk para ASN.

Untuk fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi MyASNA akan kita bahas di kesempatan lainnya, pada kesempatan kali ini kita akan fokus membahas cara verifikasi NIK di aplikasi MyASN BKN.

Apakah sobat sipbelajar.com sudah tahu cara untuk mengakses aplikasi MyASN ? 

Aplikasi MyASN BKN tersedia dalam 2 (dua) versi yaitu versi mobile dan versi web. Untuk versi mobile dapat sobat Download di Play Store untuk Android dan App Store untuk iPhone Sedangkan untuk versi web dapat langsung sobat akses di alamat https://myasn.bkn.go.id.

Cara Verifikasi NIK dan Nomor KK di MyASN BKN

Baiklah, kami akan menyajikan bagaimana langkah-langkah verifikasi NIK dan Nomor KK di Aplikasi MyASN BKN. 

1. Buka aplikasi MyASN dari playstore atau akses web https://myasn.bkn.go.id dan login menggunakan akun MyASN dengan NIP dan password anda masing-masing. 
Cara Verifikasi NIK dan Nomor KK di MyASN BKN, Verifikasi NIK dan Nomor KK di Aplikasi MyASN
Bagi anda yang belum pernah login silakan koordinasikan dengan unit kerja yang menangani kepegawaian di instansi anda, untuk instansi daerah dapat berkoordinasi dengan BKD atau BKPSDM Sedangkan untuk instansi pusat dapat menghubungi unit biro SDM instansi.

Namun yang sudah pernah login tapi lupa password, anda dapat menggunakan fitur lupa password yang ada di aplikasi MyASN. Setelah berhasil login maka akan masuk ke homepage seperti gambar dibawah ini.

2. Update Data - Riwayat Ubah Profile
Selanjutnya setelah berhasil login, klik sidebar Home, lalu klik tombol Riwayat Ubah Profile untuk dapat mengakses data pribadi pegawai. Terdapat 3 sub data berupa informasi utama, kontak pribadi dan Data Pendukung.
Edit Profile 

3. Riwayat Ubah Profile - Data Pendukung
Setelah halaman riwayat ubah profile muncul Scroll ke bagian data pendukung untuk melakukan verifikasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) kemudian masukkan NIK dan Nomor Kartu Keluarga (KK) pada kolom yang tersedia pastikan NIK dan nomor KK sudah sesuai lalu Klik tombol verifikasi NIK
Jika verifikasi NIK berhasil Maka akan muncul tampilan "NIK TERVERIFIKASI",  Namun jika gagal artinya NIK atau Nomor KK tidak terdaftar atau terdeteksi tidak sesuai, maka akan muncul informasi "Data Anda Tidak Sesuai". 

Silakan menghubungi Dinas Dukcapil setempat untuk dapat melakukan perbaikan data NIK dan Nomor KK Anda. 

Itulah cara verifikasi NIK di aplikasi MyASN BKN cepat dan mudah, semoga postingan ini bermanfaat buat teman-teman dan jangan lupa share postingan ini kepada rekan-rekan lainnya.