Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

336x280

Download Prota (Program Tahunan) Kelas 2 SD/MI Kurikulum Merdeka

Bapak/Ibu tenaga pendidik yang mengajar pada jenjang SD/MI kali ini kami akan membagikan untuk anda Program Tahunan (Prota) Kelas 2 SD/MI Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2023/2024. Prota yang akan kami bagikan yaitu Program Tahunan (Prota) Kelas 2 jenjang SD/MI Kurikulum Merdeka untuk semester 1 dan 2 Tahun Ajaran 2023/2024.
Download Prota (Program Tahunan) Kelas 2 SD/MI Kurikulum Merdeka, Prota Kelas 2 SD/MI
Pengertian Prota (Program Tahunan)

Perlu untuk diketahui, bahwa Prota merupakan suatu dokumen berisi susunan alokasi waktu pembelajaran dalam durasi 1 (satu) tahun yang mencakup susunan standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) yang direncanakan untuk dicapai. Di dalam prota ini juga memuat alokasi waktu belajar di kelas untuk peserta didik yang disesuaikan dengan seluruh SK dan target capaian dari KD.

Anda dapat menyusun Prota tersebut apabila jumlah jam mengajar untuk suatu mata pelajaran telah Anda ketahui. Nah, dari sejumlah waktu mengajar yang Anda miliki tersebut maka Anda dapat memetakan alokasi waktu melalui Prota yang nantinya bisa mulai diterapkan saat tahun ajaran baru dimulai.

Dalam Kurikulum Merdeka, Program Tahunan diintegrasikan dengan kurikulum tematik, di mana berbagai mata pelajaran disajikan dalam tema-tema menarik yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Hal ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran yang lebih bermakna dan menyenangkan bagi siswa.

Fungsi Prota (Program Tahunan)

Adapun fungsi dari Prota itu sendiri, di antaranya:
  • Membantu mengorganisir proses pembelajaran agar dapat berjalan secara efektif, interaktif, dan optimal.
  • Menjadi suatu pedoman bagi penyusunan Prosem.
  • Menjadi suatu pedoman bagi penyusunan kalender akademik/kalender pendidikan.
  • Menjadi bahan acuan untuk guru dalam mengoptimalkan penggunaan waktu efektif pembelajaran yang tersedia.
Langkah Penyusunan Prota (Program Tahunan)

Setelah anda mengetahui apa itu Prota lengkap dengan fungsinya, disini kami juga akan membagikan bagaimana langkah-langkah penyusunan Prota. Untuk menyusun Prota (Program Tahunan) secara efektif, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
  • Pertama, Anda dapat menganalisis kalender akademik sekolah kemudian menyesuaikan apa saja kebutuhan dari satuan pendidikan tempat Anda bekerja. Serta, Anda dapat mengidentifikasi tema apa saja yang ada dalam bahan pembelajaran.
  • Selanjutnya, Anda dapat menandai hari libur (libur tahun ajaran, libur hari keagamaan dan hari besar nasional, serta libur hari khusus), awal tahun ajaran baru, pekan efektif, serta jam efektif untuk pembelajaran setiap minggunya.
  • Kemudian Anda dapat menggunakan data pekan efektif untuk menyusun alokasi waktu tiap kempetensi sadar (KD).
  • Lalu langkah berikutnya adalah dengan memetakan alokasi waktu pada tiap mata pelajaran dan pokok bahasannya.
Download Prota Kelas 2 SD/MI Semester 1 dan Semester 2 Kurikulum Merdeka

Untuk membantu memudahkan Bapak/Guru pendidik dalam proses pembelajaran, kami akan berbagi referensi perangkat ajar berupa Prota Kelas 2 SD/MI Semester 1 (ganjil) dan Semester 2 (genap) Kurikulum Merdeka.

Bagi Bapak/Guru pendidik yang ingin mendownload Prota Kelas 2 SD/MI Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka berikut link download :
Untuk suksesnya Program Tahunan Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka, kerjasama antara sekolah, guru, orang tua, dan pihak terkait lainnya sangatlah penting. Keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran akan meningkatkan kesempatan siswa untuk mengalami belajar secara menyeluruh, baik di sekolah maupun di rumah.

Demikian informasi Program Tahunan Kelas 2 SD/MI Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2023/2024 yang bisa kami bagikan semoga bermanfaat.